Book Review: Perpustakaan ajaib Bibbi Bokken

Perpustakaan ajaib Bibbi Bokken


“Apa kamu ingat perempuan tua aneh itu? Yang melongok dari balik pundak kita untuk membaca buku tamu di Pondok Flatbie di atas sana, saat kita menuliskan puisi kita dalam buku itu?”
Dua orang sepupu, Berit dan Nils berhubungan melalu buku surat rahasia yang mereka pikir hanya mereka yang tahu. Ternyata ada seorang wanita bernama Bibbi Bokken dan seorang yang dijuluki Smiley yang mengincar buku surat tersebut.
Perpustakaan ajaib Bibbi Bokken adalah buku yang unik, hanya terdiri dari dua bagian. Yang pertama yaitu “buku surat” dan yang kedua “Perpustakaan”.
Pada bagian pertama, Berit dan Nils yang berada di dua kota yang berbeda melakukan komunikasi dalam sebuah buku surat, yaitu surat-menyurat yang mereka lakukan dalam buku yang sama. Dalam buku surat tersebut Berit dan Nils saling bercerita mengenai seorang wanita mencurigakan bernama Bibbi Bokken yang mereka ketahui karena sepucuk surat yang terjatuh dari tas Bibbi Bokken.
Dari surat tersebut mereka tertarik untuk mencari tahu siapa sebenarnya Bibbi Bokken, wanita yang sangat misterius tersebut. Wanita itu sering menerima paket buku, tetapi tidak ditemukan satu bukupun di rumahnya.
Penyelidikan yang mereka lakukan memberi informasi bahwa Bibbi Bokken adalah seorang bibliografer, orang yang melakukan kegiatan bibliografi, hal-hal yang berkaitan dengan buku. Dan juga seorang kolektor incunabula, buku yang dicetak pertama setelah ditemukan seni percetakan buku.
Ketika akhirnya berhasil menemukan koleksi buku-buku Bibbi Bokken dalam perpustakaan pribadi Bibbi Bokken, Berit dan Nils tercengang karena ada ribuan buku yang tersusun rapi, dan dalam keadaan bersih. Buku-buku ini terdiri dari semua jenis buku, termasuk puisi, prosa, dongeng, bahkan buku buku yang belum diterbitkan, yang dikategorikan dengan pintar sesuai klasifikasi desimal Dewey.
Dalam pertemuan dengan Bibbi Bokken akhirnya terungkap siapa wanita misterius itu, dan kenapa buku surat Berit dan Nils sangat menarik perhatiannnya. Selain itu juga terungkap apa motif Smiley, sang karakter antagonis.
Perpustakaan ajaib Bibbi Bokken adalah salah satu karya Penulis Norwegia Jostein Gaarder, penulis yang karyanya selalu menyelipkan nilai-nilai kehidupan, dan ilmu filsafat yang dikemas dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.
Dalam karyanya kali ini Gaarder berduet dengan Klaus Hagerup yang juga penulis novel remaja. Perpustakaan ajaib Bibbi Bokken ditulis dengan cara yang unik melalui buku surat antara Berit dan Nils yang membawa kita berfantasi dalam cerita petualangan ala lima sekawan dan mengenalkan kita dengan pengetahuan seperti klasifikasi desimal Dewey, dan penulis-penulis terkenal seperti Astrid Lindgren, AA Miles, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s